Info Tips Trick Tutorial.

Sabtu, 21 Oktober 2017

Cara Mengenali dan Mengasah 8 Kepintaran Anak

Cara Mengenali dan Mengasah 8 Kepintaran Anak


Cara Mengenali dan Mengasah 8 Kepintaran Anak - Hallo sahabat , Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengenali dan Mengasah 8 Kepintaran Anak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca jugaCara Mengusir Semut dengan Mudah


Cara Mengenali dan Mengasah 8 Kepintaran Anak

Dengan memahami kepintaran mana yang paling unggul dalam diri si anak, Anda dapat menyesuaikan cara belajarnya melalui pemberian stimulasi yang tepat. Ada beragam stimulasi yang bisa diberikan sesuai kepintarannya:

1. Kepintaran Musikal (music smart)
Jika si anak cepat menghapal lirik lagu yang didengarnya dan sering bernyanyi maupun menari, maka ia unggul dalam kategori ini! Stimulasi si anak yang unggul di bidang musik dengan mendengarkan berbagai lagu anak-anak, bernyanyi bersama, serta mengajaknya menonton konser musik anak. Agar suasana tambah meriah dan kepintaran musikal si anak semakin terasah, belikan ia berbagai mainan alat musik.

2. Kepintaran Logis-Matematis (number smart)
Bagi si anak yang pintar matematika, ia akan sangat bersemangat jika diminta berhitung, walaupun urutan bilangannya masih sering terbalik-balik, serta memerhatikan ragam bentuk dan warna objek-objek di sekitarnya.

Cara sederhana untuk mengembangkan kepintaran logis-matematis si anak ialah dengan mengajaknya mengklasifikasikan berbagai objek berdasarkan warna, ukuran, dan lain-lain, atau bermain games yang berhubungan dengan angka-angka seperti monopoli. Di akhir pekan, Anda juga bisa mengajak si anak belajar sambil bermain di museum iptek.

3. Kepintaran Linguistik (word smart)
si anak gemar berceloteh atau membaca setiap buku cerita yang dihadiahkan untuknya? Kalau begitu ia termasuk anak yang mahir dalam kepintaran linguistik. Agar ia semakin pintar dalam bidang bahasa, bacakan cerita atau ajak si anak membaca bersama, serta mengobrol lah dengannya. Anda pun bisa menyiapkan berbagai buku anak, alfabet dalam beragam bentuk dan ukuran, maupun perlengkapan menulis untuknya.

4. Kepintaran Spasial (picture smart)
Apabila si anak sangat fokus ketika menggambar tokoh kartun kesayangannya atau 'merebut' handphone Anda untuk mengambil foto hewan peliharaan di rumah, kemungkinan ia bisa menjadi next Picasso atau fotografer andal ketika dewasa kelak!

Jadi, Anda bisa mengasah jiwa seninya dengan menyiapkan buku dan peralatan menggambar, seperti cat air maupun kapur warna-warni, puzzle, serta mainan dengan bentuk-bentuk geometrik. Anda bisa memintanya menggambar setiap anggota keluarga ataupun mengunjungi pameran foto.

5. Kepintaran Interpersonal (people smart)
si anak mudah bergaul dengan orang baru dan sangat ramah terhadap orang-orang di sekitarnya? Bisa jadi dia menonjol dalam kepintaran interpersonal. Mengajaknya ke pesta ulang tahun sepupu atau teman sebayanya bisa menjadi salah satu cara untuk melatih kepintaran ini. Anda juga bisa membuat boneka jari dan membuat teater mini bersama si anak di rumah.

6. Kepintaran Intrapersonal (self smart)
Anak dengan kepintaran intrapersonal akan lebih sensitif terhadap lingkungan sekitarnya, memiliki empati yang tinggi, tenang, dan tidak mudah tantrum. Untuk si anak yang memiliki kepintaran Intrapersonal, Anda dapat sesekali memberikan si anak ruang untuk ia bermain sendiri.

Selain itu, ajak ia mengobrol dan biarkan ia menceritakan seluruh pengalamannya hari itu. Aktivitas seperti menulis jurnal atau diary juga bisa membantu mengasah kepintaran intrapersonalnya.

7. Kepintaran Naturalistis (nature smart)
Jika si anak memiliki kepintaran naturalistis yang menonjol, ia akan tertarik pada alam beserta makhluk hidup lain. Ia tidak takut dengan binatang dan penasaran terhadap tumbuh-tumbuhan yang ditemuinya.

Mengenalkan si anak kepada alam semesta untuk melatih kepintaran naturalistisnya bisa dengan berbagai cara. Beberapa di antaranya ialah hiking, memelihara hewan, atau berkebun di halaman belakang rumah. Siapkan peralatan berkebun mini dengan warna ceria untuk si anak.

8. Kepintaran Kinestetik-Jasmani (body smart)
Anak-anak memang tidak bisa diam, namun anak dengan kepintaran kinestetik-jasmani akan sangat aktif bergerak untuk mengeksplorasi lingkungannya. Latih fisik dan kepintaran si anak dengan mengajaknya dalam berbagai kegiatan outdoor, misalnya bersepeda, bermain lompat tali, berenang, atau bermain pasir di playground. Anda juga bisa mengajaknya bermain peran di rumah.

Dari berbagai jenis kepintaran ini Anda bisa mendapatkan acuan untuk membantu si anak belajar keahlian baru sekaligus mengembangkan bakat terpendamnya! Sebagai contoh, jika Anda ingin mengajarkan si anak cara menyikat gigi dan ia gemar bernyanyi atau mendengarkan lagu, maka Anda bisa mengajari si anak melalui kepintaran musikal dengan cara membuat lagu tentang bagaimana cara menyikat gigi yang benar lalu menyanyikannya bersama si anak. Dengan begitu, ia pun akan lebih mudah belajar dan memiliki keahlian baru secara cepat!

Yang penting untuk diingat ialah Anda perlu membantu si anak menemukan kepintarannya yang paling unggul dan mengasahnya setiap waktu. Berikan berbagai bentuk stimulasi yang sesuai supaya ia berkembang secara optimal serta membuatnya menjadi yang terbaik sesuai dengan kepintarannya.


Demikianlah Artikel Cara Mengenali dan Mengasah 8 Kepintaran Anak

Sekianlah artikel Cara Mengenali dan Mengasah 8 Kepintaran Anak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Cara Mengenali dan Mengasah 8 Kepintaran Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: IRZAN ZULMI
Terima kasih sudah berkomentar