Info Tips Trick Tutorial.

Rabu, 01 November 2017

9 Penyebab Otot Kaku dan Sering Terjadi

9 Penyebab Otot Kaku dan Sering Terjadi


9 Penyebab Otot Kaku dan Sering Terjadi - Hallo sahabat , Pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul 9 Penyebab Otot Kaku dan Sering Terjadi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

BACA JUGA5 Tips Cara Mudah Mengatasi Pegal Saat Hamil


9 Penyebab Otot Kaku dan Sering Terjadi


Otot kaku bisa terjadi pada siapa saja. Kebanyakan orang mengira bahwa kondisi ini hanya akan dialami oleh orang-orang yang telah berusia lanjut. Namun nyatanya, kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Lalu apa saja faktor yang bisa menyebabkan seseorang menderita otot kaku? Berikut beberapa faktor yang bisa memicu otot menjadi kaku.


1. Cedera

Kondisi lain yang bisa menyebabkan otot kaku adalah cedera. Cedera bisa meliputi otot yang terkilir atau mengalami tegang. Biasanya kondisi ini akan menyebabkan otot kaku dan disertai dengan gejala lain berupa rasa nyeri dan juga pembengkakan pada jaringan otot. Untuk menangani masalah cedera otot perlu dilakukan penanganan  secara medis karena bisa berakibat buruk jika tidak ditangani secara benar. Bahkan bisa saja menyebabkan komplikasi jika tidak ditangani dengan benar.

2. Memaksakan Otot

Faktor pertama dan yang paling sering menjadi pemicu otot kaku adalah sering kali memaksakan otot ketika bekerja. Setiap bagian tubuh kita dirancang dengan kapasitas tertentu, termasuk otot tubuh. Namun kebanyakan orang seringkali memaksakan kerja otot dengan cara bekerja secara berlebihan, terlalu cepat, atau terlalu sering. Kinerja otot yang terlalu berlebihan itulah yang akan menyebabkan otot cepat lelah dan terasa kaku.

3. Stres

Kondisi ini sering kali tidak disadari oleh kebanyakan orang. Namun stres ternyata bisa memicu seseorang mengalami otot kaku. Adapun bagian otot yang kaku biasanya adalah bagian leher. Otot kaku pada bagian leher berkaitan erat dengan saraf-saraf yang berhubungan dengan otak. Namun pada beberapa kasus, stres tidak hanya menyebabkan otot kaku di bagian leher saja. Pada beberapa kasus, stres juga akan menyebabkan otot kaku dan terasa nyeri di bagian tubuh lainnya.

4. Fibromyalgia

Penyebab otot kaku juga bisa terjadi karena penyakit. Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan otot kaku adalah fibromyalgia. Penyakit tersebut bisa menyebabkan penderitanya mengalami otot kaku dan nyeri di sekujur tubuhnya. Umumnya penyakit ini dialami oleh orang-orang yang berusia 30 sampai 50 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan orang-orang yang masih muda atau bahkan berusia anak-anak akan mengalami penyakit ini. Tidak hanya itu, wanita biasanya juga memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita penyakit ini.

5. Lupus

Penyakit lain yang juga bisa menyebabkan seseorang menderita otot kaku adalah penyakit lupus. Penyakit lupus merupakan penyakit yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh justru menyerang tubuh kita sendiri. Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit lupus. Adapun pengobatan yang dilakukan biasanya hanya untuk mengurangi gejala yang muncul.

6. Infeksi

Penyebab lain yang bisa memicu otot kaku adalah infeksi. Infeksi yang dimaksud tidak selalu langsung menyerang bagian otot. Bisa jadi infeksi penyakit lain, seperti menderita flu juga bisa menyebabkan seseorang mengalami otot kaku. Selain otot kaku, infeksi juga bisa menyebabkan gejala lain seperti demam, sakit kepala, dan juga cepat lelah.

7. Rheumatoid Artritis

Penyakit ini juga sering disebut dengan penyakit rematik atau asam urat. Pada kasus yang sudah parah, penderita tidak hanya mengalami gejala otot kaku saja, tetapi juga bisa mengalami nyeri yang luar biasa pada area persendian bahkan bisa menyebabkan area persendian membengkak karena adanya penumpukan purin. Penyakit reumatoid artritis biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, misalnya karena mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak purin, seperti daging merah, bayam, dan juga berbagai jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

8. Distonia

Penyakit lain yang juga bisa menyebabkan otot kaku adalah penyakit distonia. Distonia sendiri merupakan penyakit yang terjadi akibat kelainan di mana terjadi kontraksi otot yang terus-menerus dan menyebabkan gerakan berputar dan berulang sehingga menyebabkan sikap tubuh yang abnormal. Kondisi semacam itu sering menyebabkan otot terasa kaku. Pada kebanyakan kasus, otot yang kaku hanya akan terasa di bagian tertentu pada tubuh seperti lengan, tungkai, atau leher. Namun pada beberapa kasus, otot kaku juga bisa meliputi seluruh bagian tubuh.

9. Efek Samping Penggunaan Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan otot kaku. adapun beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan otot kaku adalah statin yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, kelompok obat penghambat ACE yang berguna untuk menurunkan tekanan darah, serta obat-obatan lain seperti kokain.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan otot kaku. Pada beberapa kasus, otot kaku bisa disebabkan oleh penyakit. Namun pada kebanyakan kasus yang sering terjadi di masyarakat, otot kaku biasanya disebabkan oleh aktivitas yang terlalu berat atau karena cedera.


Demikianlah Artikel 9 Penyebab Otot Kaku dan Sering Terjadi

Sekianlah artikel 9 Penyebab Otot Kaku dan Sering Terjadi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

9 Penyebab Otot Kaku dan Sering Terjadi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: IRZAN ZULMI
Terima kasih sudah berkomentar